Selasa, 24 November 2020

Cara Mendownload OpenOffice

Karena harga aplikasi perkantoran premium seperti Office 365 semakin mahal, OpenOffice kian serius meningkatkan upayanya dalam menawarkan software alternatif yang berbasis sumber terbuka (open source) dan gratis.

Tidak ada biaya tersembunyi, versi premium, ataupun dukungan pelanggan yang lebih baik dengan membeli paket langganan. Aplikasi kantor (office suite) ini 100% gratis!

Anda bisa mengerjakan segala macam pengolahan kata (word processing), presentasi, dan pekerjaan yang dilakukan pengolah angka dengan program Writer, Calc, dan Impress tanpa perlu

menggunakan Word, Excel, atau PowerPoint.

Cara Download OpenOffice

  1. Klik tombol DOWNLOAD (Unduh) pada bilah sisi untuk langsung membuka website resmi Apache OpenOffice.

  2. Pilih sistem operasi Anda, lalu klik DOWNLOAD FULL INSTALLATION (Unduh instalan lengkap).

  1. Setelah berkas penginstal (installer file) diunduh ke PC atau laptop Anda, klik untuk membukanya dan jendela persiapan instalasi akan terbuka di layar Anda. Klik NEXT (Berikutnya).


  1. Sekarang klik INSTALL (Pasang) untuk memulai proses instal, kemudian klik NEXT dua kali lagi untuk melewati panduan setup (persiapan pemasangan).

  2.  Saat ini Anda diberikan opsi instalasi standar ataupun dengan kustomisasi. Bila Anda menginginkan 6 program secara keseluruhan, cukup klik TYPICAL. Bila tidak, pilihlah CUSTOM. Seandainya Anda memilih “Typical”, instalasi segera dimulai dan Anda bisa langsung menggunakan software paket perkantoran ini setelah selesai diinstal. Jikalau Anda memilih “Custom”, lanjutkan ke langkah selanjutnya.


  1. Untuk membuang suatu program, klik tanda panah kecil pada ikon di sampingnya dan pilih THIS FEATURE WILL NOT BE AVAILABLE (Fitur ini tidak akan tersedia). Sesudah memilih semua program yang ingin Anda sertakan, klik NEXT untuk menyelesaikan instalasi.


   Setelah itu kita tinggal menunggu proses instalasi diselesaikan oleh komputer. Setelah seluruh proses selesai maka aplikasi OpenOffice siap untuk digunakan dan kita tidak dibebani biaya apa apa untuk pemakaian aplikasi ini, hanya dibutuhkan koneksi internet ketika mendownload aplikasinya saja dan setelah itu dapat digunakan secara gratis.

    Aplikasi ini selalu diperbaharui oleh vendornya secara berkala, jika kita menginginkan pembaharuan dapat diupdate secara gratis tapi jika tidak maka aplikasi ini dapat terus kita pergunakan selamanya, selama perangkat keras dan perangkat lunak yang kita gunakan dapat mendukung aplikasi tersebut.

    Aplikasi ini adalah merupakan aplikasi dengan sumber terbuka (open source) sehingga setiap orang boleh saja melakukan perobahan ataupun penambahan terhadap aplikasi ini, penambahan yang dilakukan bisa berupa penambahan menu ataupun menyusupkan virus kedalam aplikasi ini sehingga untuk lebih amannya sebagai pemakai saja akan sangat aman jika kita download dari web resmi apache, dimana web resmi ini terjamin kebersihan aplikasinya dari berbagai macam sampah yang mungkin disisipkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mendownload OpenOffice

Karena harga aplikasi perkantoran premium seperti Office 365 semakin mahal, OpenOffice kian serius meningkatkan upayanya dalam menawarkan so...