Minggu, 22 November 2020

Mengenal Apa itu Apache OpenOffice

 Kelebihan AAO dibandingkan MSO

Alasan kenapa kita gunakan Microsoft Office sebagai perbandingan yaitu karena kebanyakan orang lebih familiar dengan aplikasi Microsoft Office daripada dengan nama-nama paket aplikasi open-source seperti NeoOffice, OpenOffice, atau LibreOffice. Alasan kenapa tidak banyak orang yang menggunakan aplikasi open-source tersebut karena fiturnya lebih sedikit daripada aplikasi berlisensi dan berbayar sebagaimana Microsoft Office.

Apache OpenOffice dulunya bernama OpenOffice.org (OOo), sebuah paket aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystems pada 1999-2010. Sebelum itu namanya adalah StarOffice,

perusahaan pengembangnya yaitu Star Division pada 1984-1999. Sejak tahun 2011 hingga sekarang (2019), pengembangan paket aplikasi OpenOffice diakuisisi oleh Apache Software Foundation. Karena itulah nama resminya diubah menjadi Apache OpenOffice, disingkat AOO.

AOO mulai merilis versi stabilnya mulai dari versi 4.1.2 pada tanggal 28 Oktober 2015. AOO dirancang dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C++ dan Java. Oleh sebab itu AOO akan lebih optimal dijalankan di sistem operasi yang sudah terinstall JRE (Java Runtime Environment). Anda dapat mengunduh JRE secara gratis melalui situs resmi Java.

 Apa itu Apache OpenOffice? Pengertian Apache OpenOffice

Kegunaan dan Fitur Apache OpenOffice

AOO berguna untuk melakukan pengolahan data-data perkantoran dalam format teks, tabel, formula, diagram, presentasi, dan basis data, yang kesemuanya itu dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan dalam paket AOO. Pada jendela AOO Anda akan menemukan ikon-ikon aplikasi tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya.

Fitur dan menu pada AOO sekilas menyerupai Microsoft Office klasik, begitu juga shortcut-nya. Namun realitanya fitur dan plugin pada AOO jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Microsoft Office bahkan yang klasik sekalipun. Begitu juga dilihat dari sisi Graphic User Interface (GUI), AOO terkesan begitu minimalis dibandingkan dengan Microsoft Office.

Namun, hal ini masih lebih baik daripada Anda harus online menggunakan Google Docs untuk melakukan pengolahan berkas teks, karena tidak ada jaminan koneksi internet dari modem Anda lancar. AOO merupakan pilihan alternatif bagi Anda yang tidak bisa menjalankan Microsoft Office karena alasan biaya lisensi, atau koneksi internet Anda tidak stabil untuk mengakses aplikasi office berbasis web. Lagipula fitur-fitur AOO juga tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office. Fitur-fitur koreksi bahasa seperti Check spelling dan Auto correction juga tersedia pada AOO.

Ketika Anda menggunakan paket aplikasi Microsoft Office (MSO), Anda akan menemukan pilihan ikon-ikon aplikasi office melalui menu start Windows antara lain Word, Excel, Access, PowerPoint, Outlook, Publisher, dan sebagainya beserta dengan berbagai sub-fitur dan plugin-nya. Pada dasarnya konsep aplikasi pada AOO pun juga sama dengan konsep paket aplikasi MSO tersebut hanya saja sedikit berbeda pada penamaan dan detail fiturnya.

Secara garis besar paket aplikasi AOO terdiri dari pengolah kata (AOO Writer), pengolah angka (AOO Calc), pengolah basis data (AOO Base), aplikasi presentasi (AOO Impress), aplikasi menggambar diagram (AOO Draw), dan editor formula atau equation (AOO Math).

Sumber : https://www.nesabamedia.com/apa-itu-apache-openoffice/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mendownload OpenOffice

Karena harga aplikasi perkantoran premium seperti Office 365 semakin mahal, OpenOffice kian serius meningkatkan upayanya dalam menawarkan so...